January 2, 2008

PROGRAM BEASISWA PEMERINTAH SWISS TAHUN AJARAN 2008/2009

Pemerintah Swiss melalui Federal Commission for Scholarships for Foreign Students (FCS) menawarkan beasiswa dalam jumlah terbatas untuk negara berkembang termasuk Indonesia. Beasiswa tersebut ditawarkan untuk mahasiswa PASCA-SARJANA (POSTGRADUATE) yang ingin memperdalam pendidikan atau melakukan riset di salah satu perguruan tinggi di Swiss. Pada dasarnya penerima beasiswa dapat kuliah atau melakukan riset di perguruan tinggi negeri manapun di Swiss. Program studi atau pendidikan berikut TIDAK termasuk dalam tawaran beasiswa ini:
1. Ilmu Kesenian
2. Pendidikan Strata 1
3. Pendidikan Sekolah Perhotelan
4. Pertukaran siswa
5. Part-time stidies
6. On-the-job studies
7. Studi jarak jauh (correspondence course)

Beasiswa berlangsung selama 9 (sembilan) bulan (1 tahun akademik). Dalam kondisi tertentu beasiswa dapat diperpanjang maksimum hingga tahun ajaran kedua sesuai dengan pertimbangan FCS dan universitas yang bersangkutan.

I. Persyaratan
Warga Negara Indonesia
Ijazah perguruan tinggi (minimal Sarjana Strata 1 atau sederajat)
Batas umur pada waktu melamar harus di bawah 35 tahun (lahir setelah tanggal 31 Desember 1972)
Penguasaan salah satu bahasa resmi di Swiss yang memadai (Bahasa Jerman, Perancis atau Itali) -- tergantung lokasi perguruan tinggi yang dipilih -- dan bahasa Inggris untuk beberapa mata kuliah.
Surat penerimaan dari perguruan tinggi yang dituju atau konfirmasi dari profesor di Swiss yang bertanggung jawab dalam program studi yang dipilih. Surat ini adalah konfirmasi yang menyatakan bahwa pihak universitas menerima Anda sebagai mahasiswa program master dan/atau menyetujui riset/rencana studi Anda serta Anda memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai.
Memiliki rencana studi/riset dan moitivasi yang menjelaskan secara rinci dan jelas tujuan dari studi/riset beserta kemungkinan integrasi profesional jika kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi/risetnya.


II. Prosedur permohonan

Formulir pendaftaran program beasiswa 2008/09 dapat diperoleh hingga tanggal 17 Oktober 2007 dan hanya diberikan kepada pelamar yang telah memenuhi persyaratan tersebut di atas. Untuk memperoleh formulir, pem\lamar harus mengirim surat permohonan singkat yang berisi keterangan dan dokumen sebagai berikut:

Nama lengkap
Tanggal lahir
Bahasa asing yang dikuasai selain Bahasa Inggris (Jerman, Perancis, atau Itali; tergantung pada lokasi univeritas yang dituju)
Lampiran surat penerimaan dari profesor atau perguruan tinggi yang dipilih
Program studi dan universitas yang dituju.
Lampiran rencana studi/riset
Karangan singkat berisi motivasi melanjutkan kuliah di Swiss
Alamat korespondensi lengkap

Surat permintaan formulir pendaftaran beasiswa dialamatkan melalui pos atau e-mail ke:
Kedutaan besar Swiss
Bagian Pendidikan & Kebudayaan
Jl. H.R. Rasuna Said, Kav. X 3/2
Kuningan
Jakarta 12950
E-mail: jak.vertretung@eda.admin.ch
Alamat situs: http://www.eda.admin.ch/jakarta

Sebelum tanggal 31 Oktober 2007, pelamar harus sudah mengembalikan formulir pendaftaran dilampiri lengkap dengan dokumen-dokumen pendukung ke Kedubes Swiss (untuk keterangan rinci, mohon kunjungi situs kami yang tersebut di atas)
Apabila semua persyaratan telah dilengkapi, pelamar akan diseleksi untuk diundang ke Kedutaan Besar Swiss di Jakarta guna mengikuti wawancara dan ujian bahasa secara lisan dan tertulis. FCS akan mengumumkan penerima beasiswa pada bulan Mei 2008.

III. Jumlah beasiswa
CHF 1.920,-/bulan untuk mahasiswa pasca-sarjana (postgraduate)
CHF 1.600,-/bulan untuk kursus bahasa di Fribourg selama 3 bulan

Catatan: Harap diingat, bahwa penerima beasiswa dibebaskan dari biaya perkuliahan tetapi TIDAK untuk perkuliahan pasca-sarjana tertentu, misalnya program MBA (yang dapat mencapai ribuan CHF). Beasiswa hanya mencukupi biayahidup di Swiss. Untuk itu setiap pelamar sangat dianjurkan mengklarifikasi kepastian pembebasan uang kuliah untuk program studi yang dipilih dengan universitas yang bersangkutan.

IV. Biaya perjalanan dan asuransi

Penerima beasiswa dari Indonesia harus menanggung biaya perjalanan ke Swiss sendiri, perjalanan pulang ke Indonesia akan ditanggung FCS (tidak termasuk anggota keluarga). Biaya perjalanan pulang tidak akan ditawarkan apabila penerima beasiswa akan tinggal di Swiss lebih dari 6 bulan setelah menyelesaikan studinya di Swiss, atau apabila bekerja atau pindah ke negara ketiga.

Asuransi kesehatan (kecuali untuk gigi) dan asuransi kecelakaan akan disediakan.

V. Kewajiban penerima beasiswa

Penerima beasiswa harus bertempat tinggal di tempat studinya di Swiss dan harus mengikuti semua aturan hukum yang berlaku bagi orang asing yang bertempat tinggal di Swiss serta aturan yang berlaku di perguruan tinggi. Anggota keluarga tidak dapat dibawa oleh penerima beasiswa pada tahun pertama namun diperbolehkan untuk mengunjungi Swiss sebagai turis dengan biaya sendiri.
Beasiswa FCS tidak dapat diambil secara bersamaan dengan beasiswa lain. Apabila penerima beasiswa menerima beasiswa lain atau bantuan keuangan (mis:gaji), beasiswa akan dibatalkan.

Keterangan-keterangan lain dan persyaratan dokumen pendukung aplikasi beasiswa harus dilihat di situs Kedutaaan Besar Swiss:
http://www.eda.admin.ch/jakarta

1 comment:

Anonymous said...

TOLONG KASIH TAU KALAU ADA BEASISWA UNTUK S1 T.ELEKTRO
KIRIMKAN EMEIL KE:
parmin_rin@yahoo.com
thanks